General Orientation

Halo para reader blog ini. Perkenalkan, nama saya Vincent Colin, binusian 2020 jurusan Teknik Informatika kampus Alam Sutera. Pada bagian ini, saya akan berbagi sedikit mengenai pengalaman saya melewati masa GO. Apa itu GO? Pasti sudah tahu karena judulnya saja sudah kepanjangannya, yaitu General Orientation. General Orientation ada apa saja? Nah itulah yang akan saya ceritakan di sini. Tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja.

General Orientation adalah program orientasi awal BINUS untuk binusian dalam memasuki perkuliahan, tujuannya untuk memperkenalkan BINUS kepada para mahasiswa baru, kalau kampus lain bisa disebut ospek. GO terdiri dari 6 hari :

Hari pertama (Senin), pada hari pertama hanya ada briefing, pakaian masih menggunakan pakaian bebas. Pada hari ini seru sekali karena ada perkenalan dengan teman-teman baru, senang rasanya menambah banyak teman. Kemudian para mahasiswa baru diberikan aturan untuk kemudian dilaksanakan dari hari kedua sampai hari keenam.

Hari kedua (Selasa), pada hari kedua ini masa orientasi yang sebenarnya dimulai. Diisi dengan presentasi-presentasi yang disajikan dengan jelas dan santai oleh kakak-kakak BC. BC adalah Buddy Coordinator, kalau kami (mahasiswa baru) disebutnya Buddy. Tak lupa, ada pemilihan komti, yaitu semacam ketua kelas, karena ada tugas membuat yel-yel per kelas, maka harus ada yang menjadi ketuanya. Saya dengan teman-teman IT yang lain ada di kelas AAS02. Kami batch 1.

Hari ketiga (Rabu), pada hari ketiga ini tidak berbeda jauh dengan hari kedua, banyak materi presentasi yang menjelaskan BINUS seperti apa dan bagaimana prosedur-prosedurnya. Kelas kami pun mulai membuat yel-yel dari hari ini, pulang GO kami latihan dan berdiskusi mengenai yel-yel. Yel-yel ini akan ditampilkan pada hari keenam(Sabtu).

Hari keempat (Kamis),pada hari keempat ini juga tidak berbeda jauh, kami mendengarkan presentasi, mencatat, dan memahami. Pulang GO kami melatih yel-yel dan mendiskusikan yel-yel kami lagi agar semakin mantap.

Hari kelima (Jumat), pada hari kelima ini juga diisi dengan banyak presentasi tentang BINUS, kampus kebanggan kami semua, tapi ada yang berbeda. Hari ini presentasinya tentang UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di BINUS, banyak sekali UKM BINUS, dan rasanya saya ingin ikut semua, sesi ini disebut BuRam atau Bunga Rampai. Dilanjutkan dengan sesi Kerohanian, mahasiswa jurusan apapun dengan agama yang sama akan dikumpulkan dalam satu ruangan, senang rasanya dapat berkumpul dengan teman-teman dari jurusan lain dan berkenalan. Pulangnya pun kami latihan yel-yel lagi, namun kami langsung latihan di lapangannya untuk blocking, kami berharap dapat menjadi yel-yel terbaik karena katanya ada hadiah untuk yel-yel terbaik.

Hari keenam (Sabtu), pada hari terakhir, pagi harinya kami tidak di kelas, kami tampil yel-yel. WOW! Akhirnya yel-yel yang kami siapkan dengan susah payah akan ditampilkan. Setelah menampilkan, kami rasa kami sudah cukup baik dan kami merasa lega. Selanjutnya adalah sesi EXPO, ramai sekali, lobby sampai penuh. Sesi ini adalah sesi mendaftar pada UKM dan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) pilihan kami. Kalau kami, HMJ-nya adalah HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika), saya ikut mendaftar menjadi aktivis dan juga mendaftar HTTP (HIMTI Togetherness and Top Performance) yaitu suatu acara HIMTI untuk menyambut keluarga baru Faculty of Computer Science Universitas Bina Nusantara (BINUS University). Dalam GO ini tidak ada namanya plonco, bully, apalagi senioritas, kakak-kakak BC sangat ramah sekali sehingga mudah akrab dengan kami.

Demikian cerita saya tentang GO, jika anda mau tau tentang HTTP, akan saya ceritakan di judul selanjutnya. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *